5 Kiper Tersibuk di Premier League Liga Inggris

👍 Sepakbola Inggris

5 Kiper Tersibuk di Premier League Liga Inggris

artur-boruc-bournemouth

Selain para striker, aksi kiper-kiper ini juga bisa jadi penentu di Liga Inggris. Aksi-aksi mereka acap jadi buah bibir dan dianggap penentu kemenangan. Tom Heaton, salah satunya. Meski namanya masih terdengar asing bagi penggemar Liga Inggris, Heaton punya jasa besar untuk Burnley. Beberapa kali aksinya, berhasil menyelamatkan Burnley dari kekalahan.

Ya, terkadang, kemenangan sebuah tim tidak hanya bisa didapatkan jika memiliki penyerang yang bagus. Namun, penjaga gawang juga menjadi sosok sentral dalam sebuah kesuksesan tim.

Posisi kiper sendiri merupakan yang paling spesial dari semua posisi di lapangan. Mereka pun memiliki hak istimewa untuk menyentuh bola dengan semua bagian tubuh mereka asal itu dilakukan di dalam kotak penalti.

Kiper tersibuk di Liga Inggris sendiri, sejauh ini tak datang dari lima besar klasemen. Namun, datang dari klub-klub papan tengah. Hal ini wajar, lantaran klub-klub besar, biasanya memiliki pertahanan yang tangguh.

Lantas, siapa saja mereka? Berikut kami mencoba menyajikannya sesuai dengan performanya di bawah mistar gawang:

1. Tom Heaton – Burnley

Publik sepertinya asing dengan nama Tom Heaton. Tapi, aksinya bersama Burnley ternyata cukup mengejutkan. Dia menjadi kiper paling sibuk di Premier League musim ini. Kiper 30 tahun ini tercatat melakukan 54 saves, dengan rincian 31 kali diving, dua kali dengan kaki dan 21 ragam cara lainnya. Rataan save per laganya juga sangat tinggi. Dia berhasil melakukan rata-rata 3,6 saves tiap laganya 1350 menit bermain.

Tangkapannya juga terbilang lengket dengan 99% rataan tangkapan sukses. Dari 15 penampilan, sayangnya dia hanya menjaga gawangnya tak kebobolan selama tiga pertandingan.

2. Jordan Pickford – Sunderland

Nama Pickford tampak sudah tak asing lagi bagi publik Inggris. Apalagi, bagi mereka yang bermain Fantasy Premier League. Kiper 22 tahun ini sendiri memang tampil apik bersama Sunderland dalam 15 pertandingan. Dalam 1350 menit di lapangan, Pickford sendiri sudah melakukan 52 penyelamatan. Rinciannya, 33 kali diving, dua kali dengan kaki, dan 17 dengan cara lainnya.

Pickford sendiri lebih unggul dalam hal rataan saves per laganya dari Heaton. Dia melakukan 3,47 saves per game-nya.

3. Lukasz Fabianski – Swansea

Semenjak cabut dari Arsenal, penampilan Fabianski juga disorot bersama Swansea City. Ya, dia kali ini masuk lima besar kiper tersibuk di Premier League. Dalam 17 laga, Fabianski sukses membuat 44 penyelamatan, dengan rincian 29 kali diving, satu dengan kaki, dan 14 cara lainnya. Kiper 31 tahun ini juga sukses koleksi 3 cleansheet sejauh ini.

Dia juga telah melakukan 93% tangkapan sempurna, 41% tepisan, dan rataan saves per laganya mencapai 2,59 kali. Cukup menarik melihat aksi-aksinya di lapangan hijau.

4. Ben Foster – WBA

Kiper West Bromwich Albion ini masuk ke dalam daftar yang tersibuk selama Premier League musim ini. Kiper asal Inggris ini juga jadi salah satu pilihan pemain Fantasy Premier League. Betapa tidak, kiper 33 tahun tersebut juga jadi yang terbanyak melakukan saves. Total, dia melakukan 42 kali penyelamayan dengan 27 kali dengan diving, dan 20 lainnya memakai cara lain.

Foster sendiri sudah mencatatkan 3 cleansheets bersama WBA. Dari catatan itu, dia berhasil melakukan 2,47 saves per laga, dengan rataan kebobolan hanya 1,24 gol per laganya.

5. Artur Boruc – Bournemouth

Boruc beberapa musim terakhir memang memikat beberapa klub top Premier League, seperti Manchester United dan Arsenal. Namun, usianya yang sudah menginjak 36 tahun menjadi penghalang. Kiper setinggi 193 cm itu sendiri sukses melakukan 41 saves untuk Bournemouth dengan rincian 33 diving, dan 8 dengan cara lain. Kiper di usia senja memang makin matang, dan dia bisa jadi contohnya.

Sebab, dalam 15 kali tampil, Boruc berhasil mempersembahkan empat cleansheets untuk Bournemouth. Dia juga sukses melakukan 2,73 saves per laga, dengan 98% tangkapan, dan 40% tepisan.

Komentar
To Top