6 Pesepak Bola yang Telah Cetak Rekor Dunia Guinness World Records

👍 Liga Champion

6 Pesepak Bola yang Telah Cetak Rekor Dunia Guinness World Records

6-pesepakbola-yang-telah-cetak-rekor-dunia-guinness-world-records

Setiap pesepak bola di seluruh dunia memiliki ambisi membawa klub dan negara meraih gelar juara, mendulang banyak gol, serta mendapatkan penghargaan pribadi. Hal itu akan semakin lengkap jika mampu mengukir rekor dunia.

Salah satu pesepak bola yang rajin membuat rekor adalah Cristiano Ronaldo. Salah satu rekor gemilang yang berhasil ditorehkan megabintang Real Madrid itu yakni mengoleksiΒ 50 gol lebih dalam enam tahun berturut-turut.

Pencapaian itu dicatatkan oleh CR7 ketika Madrid menang 2-1 atas Sporting Gijon pada laga pekan ke-13 La Liga Spanyol di Santiago Bernabeu, Sabtu (26/11/2016). Dua gol El Real diborong oleh Cristiano Ronaldo pada menit ke-5 dan 18.

Bukan hanya itu, Cristiano Ronaldo juga berhasil menorehkan sejumlah rekor yang membuatnya masuk dalam Guinness World Records. Selain Ronaldo, terdapat lima pesepak bola lainnya yang mampu mengukir rekor dunia.

Berikut ini adalah enam pesepak bola yang berhasil masuk dalam Guinness World Records:

Cristiano Ronaldo

Kapten timnas Portugal itu berhasil mendulang 17 gol pada Liga Champions 2013-2014. Jumlah tersebut membuat Ronaldo menjadi pemain pertama yang mendulang 17 gol dalam semusim di Liga Champions. Rekor itu juga semakin spesial karena dia turut membantu Madrid meraih titel juara, sekaligus mengukir La Decima atau gelar ke-10 di Liga Champions.

Selain rekor tersebut, nama Cristiano Ronaldo juga masuk dalam Guinness World Records edisi 2016 untuk beberapa torehan gemilang lainnya, mulai dari sosok yang paling banyak di Liked di Facebook dengan 107 juta orang per 15 Maret 2015, atlet dengan paling banyak followers di Twitter dengan 37,831,159 orang per 15 September 2015, serta paling banyak mengukir hattrick di La Liga dengan 25 kali (kini mencapai 30 hattrick).

Jone Samuelsen

Samuelsen mengukir rekor dunia sebagai pemain yang mampu mencetak gol dari jarak 57 meter dengan menggunakan kepala. Hal itu dilakukan pemain 32 tahun tersebut saat ODD Grenland bersua Tromso pada laga lanjutan Liga Norwegia di Skagerak Arena, 25 September 2011.

Kejadian itu berawal ketika Tromso yang tertinggal 1-2 mendapatkan sepak pojok pada menit-menit akhir. Demi menyamakan kedudukan, kiper Tromso, Marcus Sahlmann maju hingga ke dalam kotak penalti ODD Grenland.

Namun, upaya mencetak gol gagal dan ODD Grenland langsung melancarkan serangan balik. Samuelsen sukses menyundul bola dari tengah lapangan yang coba dihalau oleh pemain belakang Tromso.

Si kulit bundar pun meluncur mulus masuk ke dalam gawang Tromso yang sudah kosong. ODD Grenland menutup laga dengan kemenangan 3-1.

Rogerio Ceni

Pemain asal Brasil ini merupakan salah satu penjaga gawang legendaris yang pernah dimiliki Sao Paulo. Pria bernama lengkap Rogerio Mecke Ceni ini tidak hanya piawai dalam menjaga gawangnya dari kebobolan, namun juga mengukir namanya di papan skor.

Selama 25 tahun berseragam Sao Paulo, dia berhasil mengoleksi 131 gol dari 1237 pertandingan di seluruh ajang kompetisi. Dari 13 gol tersebut, 61 di antaranya tercipta lewat tendangan bebas, dan 69 lewat titik putih. Dengan jumlah itu, Ceni menjadi satu-satunya kiper di dunia dengan koleksi gol terbanyak.

Just Fontaine

Mantan penyerang timnas Prancis ini menorehkan rekor fantastis pada ajang Piala Dunia 1958 di Swedia. Fontaine sukses menyandang status sebagai top scorer dengan mengoleksi 13 gol.

Fontaine pun masuk dalam Buku Rekor Dunia sebagai pemain yang mampu mendulang 13 gol di Piala Dunia. Rekor yang dipegang oleh Fontaine bertahan selama 58 tahun dan diprediksi sulit dilampaui oleh pesepak bola lainnya di dunia. Sebab, dalam 14 edisi terakhir Piala Dunia, jumlah gol terbanyak hanya mencapai angka 10 yang ditorehkan Gerd Muller pada 1970.

Meski menorehkan rekor dunia, Fontaine gagal membawa timnas Prancis meraih gelar Piala Dunia. Pada edisi 1958, Les Blues hanya mampu meraih peringkat ketiga.

Pele

Pria asal Brasil ini merupakan salah satu legenda sepak bola dunia. Pele memiliki prestasi gemilang sepanjang 22 tahun kariernya sebagai pesepak bola. Dia pun masuk ke dalam deretan pemain yang mengukir rekor dunia.

Pele adalah pesepak bola dengan koleksi trofi Piala Dunia terbanyak, yakni tiga kali pada 1958, 1962, dan 1970. Selain itu, mantan bitang Santos ini adalah pesepak bola dengan jumlah gol terbanyak di dunia dengan 1.279 gol dalam kurun waktu 22 tahun.

Lionel Messi

Kemampuan Lionel Messi dalam mengolah bola tak perlu dipertanyakan lagi. La Pulga adalah andalan Barcelona dan timnas Argentina dalam membobol gawang lawan. Dia pun berhasil mengukir berbagai prestasi gemilang, salah satunya adalah rekor pencetak gol terbanyak dalam satu tahun kalender.

Messi berhasil mendulang 91 gol sepanjang 2012, dengan rincian 79 bersama Barcelona dan 12 gol dengan Tim Tango. Jumlah itu membuat Lionel Messi melampaui rekor 85 gol milik legenda timnas Jerman, Gerd Muller, yang sempat bertahan selama 40 tahun.

Komentar
To Top