by

Bandar Bola Champions – Real Madrid Juara Liga Champions 2013/14

Real Madrid keluar sebagai juara Liga Champions 2013/14 setelah mengalahkan Atletico Madrid dengan skor 4-1 di Estadio da Luz, Lisbon, dini hari tadi (25/5). Ambisi mereka untuk mengamankan gelar kesepuluh Eropa atau La Decima pun terwujud secara dramatis.

Atletico unggul lebih dulu lewat gol Diego Godin yang memanfaatkan kesalahan Iker Casillas.Rojiblancos makin dekat dengan podium juara, namun Sergio Ramos menyamakan kedudukan di penghujung babak kedua. Babak ekstra terpaksa digelar. Siapa sangka, di 10 menit terakhir babak tambahan, Real mencetak tiga gol lewat Gareth Bale, Marcelo, dan Cristiano Ronaldo.

Babak pertama

Masuknya Diego Costa ke dalam starting line-up tentu mengejutkan. Namun ia hanya bermain sembilan menit, seiring Adrian menggantikannya.

Sepuluh menit laga berlangsung, kedua tim masih bermain aman. Tak ada peluang emas maupun ancaman yang berarti dari kedua finalis. Kedua tim bermain dengan kewaspadaan yang tinggi. Ketika Real melancarkan serangan balik lewat kecepatan kaki Ronaldo maupun Bale, Miranda dan Diego Godin sudah siap sedia menutup pergerakan mereka. Sementara itu, bek Real yang tangguh juga dengan mudah menghentikan serangan Atletico yang kurang menggigit.

Menit ke-32, Tiago melakukan kesalahan dengan memberikan bola pada Gareth Bale. Winger Wales ini langsung saja berlari, mengacaukan pertahanan, dan masuk kotak penalti. Beruntung bagi Atletico, sepakan Bale meleset dan peluang emas tersebut menguap sia-sia.

Empat menit kemudian, Atletico mampu mencetak gol. Adapun, gol pembuka ini bermula dari kesalahan Iker Casillas yang salah mengantisipasi pemain lawan. Berniat maju dan mengklaim bola, ia malah terkecoh dan bola tandukan Diego Godin telanjur melewati garis gawang sebelum Casillas membuangnya. Atleti unggul 1-0.

Setelah gol tersebut, efektivitas umpan pendek Atletico meningkat. Namun, belum ada hasil nyata setelah gol sedikit beruntung itu membawa Atletico unggul.

Babak kedua

Real Madrid mencoba mengejar ketinggalan satu gol. Mereka pun coba mengirimkan serangan, tapi bek Atletico mampu menghentikannya. Satu peluang emas tercipta dari sepakan bebas dari Ronaldo. Sayang, sepakan keras megabintang ini mampu ditepis oleh Cortois.

Kombinasi Real hampir saja menghasilkan gol. Umpan-umpan cantik Ronaldo dan Benzema berakhir di kaki Isco. Gelandang muda ini pun melepas sepakan dari luar kotak penalti, tapi masih melebar di sisi kiri gawang.

Menit 73, Bale kembali mendapatkan peluang emas. Eks winger Tottenham Hotspur itu menerima umpan terobosan Modric dengan baik. Berlar menusuk, ia pun melepas tembakan keras dari luar kotak penalti. Sayang, sepakannya gagal menemui sasaran.

Lima menit berselang, Bale kembali membuang peluang emas. Ia kembali mengacaukan pertahanan Atletico dengan kecepatannya. Felipe Luis sukses ia lewati. Berlari ke arah gawang, sesaat ia mendapat ruang kosong, ia melepas sepakan keras, namun lagi-lagi gagal.

Real Madrid melanjutkan serangan mereka. Tempo langsung diredam dengan pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan oleh Atletico. Kendati begitu, di menit tambahan babak kedua, Sergio Ramos menyelamatkan asa La Decima dengan tandukannya ke gawang Courtois, usai menyambut sepak pojok Modric.

Laga berlanjut ke babak tambahan.

Babak tambahan

Laga berlanjut, Atletico ganti menerapkan sedikit serangan dalam skema mereka. Namun, gol justru dilesakkan oleh Real Madrid di babak tamabahan kedua. Bale yang menyia-nyiakan tiga peluang emas pun jadi bintang seiring ia melepas sundulan ke gawang Courtois.

Di menit 118, Real Madrid menggandakan keunggulan lewat Marceloa. Bek Brasil ini beraksi, menerjang lewat tengah dan masuk kotak penalti dan melepas sepakan keras. Courtois sudah menepisnya, namun bola tetap bergulir masuk ke gawangnya.

Ronaldo melengkapi pesta El Real dua menit kemudian. Juanfran menjatuhkan megabintang Real ini di kotak penalti. Wasit menunjuk titik putih dan Ronaldo yang jadi eksekutor sukses menceploskan bola ke jalan Courtois.

Secara dramatis, Real Madrid menyamakan kedudukan dan membalikkan keadaan. La Decimapun jadi milik mereka, seiring Atletico takluk 4-1.

SUSUNAN PEMAIN

Atletico Madrid: Courtois; Juanfran, Godin, Miranda, Filipe Luis; Gabi, Tiago, Koke, Raul Garcia; Villa, D. Costa Cadangan: Aranzubia, Alderweireld, Mario Suarez, Cristian Rodriguez, Sosa, Diego, Adrian

Real Madrid: Casillas; Carvajal, Varane, Ramos, Coentrao; di Maria, Khedira, Modric; Bale, Ronaldo, Benzema Cadangan: Diego Lopez, Pepe, Marcelo, Arbeloa, Isco, Illarramendi, Morata