Carlos Tevez Pindah ke Cina, Dikontrak Rp 1 Triliun

👍 Sepakbola Italia

Carlos Tevez Pindah ke Cina, Dikontrak Rp 1 Triliun

carlos-tevez-pindah-ke-cina-dikontrak-rp-1-triliun

Carlos Tevez menjadi pemain internasional papan atas terkini yang bergabung dengan Liga China, ketika Shanghai Shenhua mengonfirmasi perekrutan penyerang Argentina itu dari klub masa kecilnya Boca Juniors pada Kamis.

“Shanghai Greenland Shenhua FC mencapai kesepakatan transfer dengan klub Argentina Boca Juniors. Carlos Tevez secara resmi bergabung ke Shanghai Shenhua,” kata klub itu dalam pernyataan di situs resmi mereka www.shenhuafc.com.cn.

Meski tidak ada detail-detail keuangan yang dirilis, laporan-laporan media memperkirakan bahwa klub China itu membayar 84 juta euro (Rp1,1 triliun lebih) untuk mendapatkan Tevez, yang kembali ke Argentina tahun lalu setelah berkarir di Inggris dan Italia.

Label harga yang tinggi akan membuat Tevez menjadi pemain termahal di dunia peringkat keenam, di bawah Paul Pogba, Gareth Bale, Cristiano Ronaldo, Gonzalo Higuain, dan Neymar, menurut situs informasi sepak bola yang bermarkas di Jerman transfermarkt.com.

Tevez juga berada di jalur untuk menjadi pemain dengan bayaran tertinggi, di mana sang penyerang dilaporkan menerima 753.000 dolar per pekan pada kontrak berdurasi dua tahun dengan Shanghai Shenhua.

Kedatangan pemain 32 tahun itu merupakan transfer dengan nilai besar kedua di kota terbesar di China itu dalam waktu kurang dari sepekan, setelah pemain Brazil Oscar bergabung dengan rival sekota Shanghai SIPG dari Chelsea pada kesepakatan yang diyakini bernilai sebesar 60 juta euro.

Graziano Pelle, Ezequiel Lavezzi, dan Jackson Martinez telah lebih dulu datang ke China, sedangkan manajer Shanghai SIPG Andre Villas-Boas juga memiliki kontrak yang menguntungkan sejak menggantikan mantan pelatih timnas Inggris Sven Goran-Eriksson.

Tevez, yang pernah memperkuat West Ham United, Manchester United, Manchester City, dan Juventus dalam waktu satu dekade di Eropa setelah meninggalkan Boca untuk pindah ke klub Brazil Corinthians pada 2005, mengakhiri masa kerja keduanya di Argentina dengan catatan apik.

Setelah membantu klub memenangi gelar liga tahun lalu, Tevez menjadi bintang saat timnya menang 4-2 atas seteru abadi River Plate pada “Superclasico” di awal bulan ini, kemenangan yang mendongkrak Boca ke peringkat pertama di kejuaraan.

Tevez akan menghuni tim yang sama dengan sejumlah pemain internasional papan atas lain di klub ini, termasuk penyerang Senegal Demba Ba, penyerang Nigeria Obafemi Martins, dan gelandang Kolombia Fredy Guarin.

Meski memiliki prestasi gemilang di level klub, Tevez gagal bersinar di panggung internasional, di mana ia hanya mampu mencetak 13 gol dari 76 penampilan untuk Argentina. Bagaimanapun, ia memainkan peran penting saat negara itu meemnangi medali emas Olimpiade 2004 di Athena.

Boca Juniors memberikan doa terbaik untuk Tevez pada pernyataan yang mengonfirmasi kepergiannya, yang mencakup pesan, “Semoga berhasil Carlitos. Anda akan selalu ada di hati kami.”

Shanghai Shenhua, yang menunjuk Gus Poyet sebagai manajer pada bulan lalu, finis di peringkat keempat pada Liga China 2016, yang berlangsung dari Maret sampai akhir Oktober, tertinggal 16 angka dari tim juara Guangzhou Evergrande. Demikian laporan Reuters.

Komentar
To Top