Deretan Pemain Terkenal yang Lebih Memilih Bela Negara Lain Daripada Tempat Kelahiran

👍 Sepakbola Spanyol

Deretan Pemain Terkenal yang Lebih Memilih Bela Negara Lain Daripada Tempat Kelahiran

Spain's forward Diego Costa tries to control a ball during the Euro 2016 qualifying football match Spain vs Slovakia at the Carlos Tartiere stadium in Oviedo on September 5, 2015. Spain won the match 2-0.  AFP PHOTO/ MIGUEL RIOPA        (Photo credit should read MIGUEL RIOPA/AFP/Getty Images)

SEBAGAI pemain sepakbola, bisa membela negara kelahiran merupakan salah satu prestasi yang luar biasa. Namun siapa sangka, banyak pesepakbola top dunia yang memutuskan untuk tidak membela negara tempat kelahirannya.

Seperti penyerang Chelsea, Diego Costa. Lahir di Kota Lagarto, Brasil, nyatanya Costa kini merupakan andalan di lini depan Tim Nasional Spanyol.

Sejatinya Costa pernah mencicipi merumput bersama Timnas Brasil. Tepatnya pada 5 Maret 2013, Costa resmi dipanggil bersama Selecao โ€“julukan Timnas Brasilโ€“ yang saat itu masih dilatih oleh Luiz Felipe Scolari untuk pertandingan persahabatan melawan Italia, Geneva, serta Rusia.

Namun pada September 2013, Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF), meminta izin kepada FIFA untuk menarik Costa menjadi bagian dari Timnas Spanyol, di mana pemain 28 tahun itu sudah memiliki kewarganegaraan Spanyol sejak Juli 2013.

Menurut peraturan FIFA, pemain yang memiliki lebih dari satu kewarganegaraan bisa bermain untuk negara keduanya. Namun ternyata, Costa lebih memilih hanya bermain untuk Timnas Spanyol. Ia mendeklarasikan diri menjadi pemain La Furia Roja โ€“julukan Timnas Spanyolโ€“ pada Oktober 2013.

Komentar
To Top