Deretan Pemain yang Menjadi Raja di Klubnya

👍 Sepakbola Italia

Deretan Pemain yang Menjadi Raja di Klubnya

Deretan Pemain yang Menjadi Raja di Klubnya

Kesetiaan seorang pemain kepada klub merupakan istimewa dalam sepak bola modern. Tidak heran jika mereka dianggap sebagai raja di klubnya karena jasa yang tak terkira.

Mari ambil contoh Francesco Totti di AS Roma. Dia menjadi salah satu pemain yang cuma membela untuk satu klub sepanjang kariernya.

Sososk berusia 40 tahun itu tercatat sudah seperempat abad membela Serigala Roma.

Tampil konsisten dan menolak pinangan klub kaya yang lebih berprestasi bukanlah hal mudah. Sangat sukar pula mencari pemain yang mampu melakukannya.

Bila Totti dianggap raja Roma, masih ada beberapa pemain lain yang memiliki status serupa di klub lainnya. Berikut lima pemain yang dianggap raja;

1. Steven Gerrard

Stevie G telah kembali ke klubnya, Liverpool, saat pensiun. Dia telah bermain bersama The Reds selama 17 musim dan kini tengah menimba ilmu kepelatihan di sana.

Mantan kapten Inggris ini adalah jantung dan jiwa dari The Reds mulai periode 1980-an. Namun demikian, Gerrard masih membantu membawa klubnya memenangkan dua Piala FA, tiga Piala Liga, Piala UEFA dan, tentu saja, Liga Champions 2005.

2. Dennis Bergkamp

Bila Thierry Henry adalah pencetak gol sepanjang masa The Gunners dan Tony Adams kapten setia, Dennis Bergkamp adalah raja sejati Arsenal. Ya, Bergkamp bisa dikatakan sangat setia saat Arsenal dalam periode sulit. Kedatangan sosok berkelas Belanda itu ke sana pada pertengahan 1990-an membantu menempatkan klub London Utara ke jajaran elit Inggris dan Eropa. Dia memberi dampak sehingga Arsenal disegani.

3. Raul Gonzalez

Raul cukup banyak mencetak gol dari semua penjuru, mau itu di kiri, kanan dan tengah. Namun, warisannya terbesar adalah perannya sebagai pemimpin klub paling sukses di dunia.

Striker Spanyol ini mencetak total 323 gol untuk Los Blancos selama periode 16 tahun. Dia lahir dan dibesarkan di Madrid dan merupakan bagian dari tim yang memenangkan enam gelar La Liga, tiga Liga Champions dan banyak lagi.

4. Eric Cantona

Dia bukan yang paling sukses, loyal, atau yang paling berbakat di antara pemain Manchester United. Namun Cantona adalah sosok yang punya takhta di Old Trafford.

Mantan striker Timnas Prancis ini menghabiskan lima musim dengan Red Devils. Tapi itu cukup baginya untuk mengubah pasukan Sir Alex Ferguson ke dalam kekuatan dominan sepak bola Inggris selama bertahun-tahun yang akan datang.

5. Alessandro Del Piero

Del Piero menghabiskan 19 musim di Turin. Bahkan 11 di antaranya dia menjabat kapten Nyonya Tua. Maka julukan sebagai Raja Juventus tidak mengherankan. Sosok yang satu ini memegang dua rekor, yakni penampilan dan gol. Del Piero memenangkan semuanya di Juve dan mendominasi papan atas Italia.

Komentar
To Top