Deretan Pesepak Bola era 90an yang Jadi Ikonik

Trending Topic

Deretan Pesepak Bola era 90an yang Jadi Ikonik

Deretan Pesepak Bola era 90an yang Tak Pernah Tergantikan9

Tahun 90-an adalah era penuh kenangan bagi para pecinta bola. Masa ini selalu diingat orang berkat seniman-seniman lapangan hijau yang menjadi idola. Mulai dari kiper hingga ujung tombak. Beberapa di antaranya menjadi ikon yang sulit dicari penggantinya hingga sekarang. Seperti 10 deretan nama berikut ini.

1. Gabriel Batistuta

Deretan Pesepak Bola era 90an yang Tak Pernah Tergantikan1

Batigol, demikian julukan bomber Argentina yang enggan memangkas rambutnya menjadi pendek ini. Batistuta populer dengan tendangannya yang sangat keras dan tak mengenal ampun di depan gawang. Beberapa kiper tangannya pernah menderita cidera saat menepis tendangan mantan Striker Fiorentina dan AS Roma ini.

Satu di antaranya kiper legendaris Portugal, Vitor Baia. Nyaris tak ada lagi penyerang bernyali tinggi, buas dan memiliki kemampuan membunuh gawang lawan seperti dirinya di era gadget dan medsos sekarang.

2. David Beckham

Deretan Pesepak Bola era 90an yang Tak Pernah Tergantikan2

Kalau soal kecepatan dan kemampuan menggocek bola, Beckham jelas tak bisa dibandingkan dengan Christiano Ronaldo atau Messi. Tapi jangan tanya kalau soal kemampuan mengumpan dan mengeksekusi tendangan bebas. Suami Victoria Adams ini jelas tak ada duanya.

Gelandang sayap kanan legenda Manchester United itu memiliki kaki kanan ajaib yang selalu membuat pemain lawan was-was ketika ia mendapat jatah free kick. Bisa dibilang, hanya keajaiban saja yang mampu menggagalkan sepakannya.

Semua striker kelas dunia bermimpi bisa satu tim dengan Beckham. Mereka mendambakan dapat merasakan umpan-umpan manja Beckham. Saking akuratnya, setiap operan yang dilakukannya, seolah-olah secara otomatis mencari kawan dengan sendirinya.

3. Oliver Bierhoff

Deretan Pesepak Bola era 90an yang Tak Pernah Tergantikan3

Menyebut nama Oliver Bierhoff, para penggila bola akan teringat dengan deretan gol-gol indah nan menakjubkan yang lahir dari sundulan kepalanya. Ia bahkan mampu mencetak gol dengan sundulan kepala dari luar kotak penalti. Tandukannya yang mematikan beberapa kali menjadi penentu kejayaan Jerman maupun AC Milan.

4. Roberto Carlos

Deretan Pesepak Bola era 90an yang Tak Pernah Tergantikan4

Jika ada yang bertanya siapa bek sayap kiri terbaik yang pernah ada, maka jangan ragu untuk menyebut nama Roberto Carlos. Legenda Real Madrid dan Timnas Brasil ini memiliki kemampuan luar biasa sebagai pemain belakang.

Ia tak hanya piawai mengawal benteng pertahanan, kecepatan, kemampuan mencetak gol, shoot power, serta keahlian mengeksekusi tendangan bebas, membuat siapapun terkagum-kagum. Masih segar dalam ingatan bagaimana Roberto Carlos mengkreasikan sebuah tendangan bebas melengkung yang indah kala menjebol gawang Prancis yang dijaga Fabian Barthez pada 1997.

5. Zinadine Zidane

Deretan Pesepak Bola era 90an yang Tak Pernah Tergantikan5

Siapa yang tak mengenal pemain Prancis yang satu ini?. Semua gelar tertinggi yang diimpikan pesepakbola dunia sudah diraihnya. Mulai dari pemain terbaik dunia, Piala Dunia, Piala Eropa, Liga Champions serta juara liga silih berganti mampir di pundaknya.

Zidane adalah pemain tengah paling kreatif yang pernah ada. Di era krisis playmaker dalam dunia sepakbola saat ini, semua pecinta bola pastinya rindu dengan aksi-aksi menawan Zidane yang ciamik.

6. Jose Luis Chilavert

Deretan Pesepak Bola era 90an yang Tak Pernah Tergantikan6

Mungkin tak banyak bintang sepakbola dunia berasal dari Paraguay. Tetapi negara Amerika Latin ini pernah melahirkan seorang penjaga mistar gawang yang sangat istimewa. Kenapa istimewa?. Di samping mumpuni mengawal jala gawang, Chilavert sangat piawai mengeksekusi bola-bola mati. Tak sedikit gol-gol krusial lahir dari kakinya, baik itu tendangan bebas maupun penalti.

7. Gennaro Gattuso

Deretan Pesepak Bola era 90an yang Tak Pernah Tergantikan7

Para Milanisti tentu tak asing dengan gelandang bertahan bertenaga kuda yang satu ini. Gattuso dikenal sebagai pesepakbola yang selalu menggebu-gebu di lapangan. Ia sering diibaratkan orang sebagai suporter yang menjelma menjadi pemain.

Gayanya yang berapi-api membuat AC Milan selalu tampil garang. Semangat juangnya yang tinggi telah menghantarkan AC Milan beberapa kali menjadi penguasa Seri A maupun Liga Champions. Gattuso juga menjadi salah satu pemain kunci Timnas Italia ketika menggondol Piala Dunia Tahun 2006.

8. Ryan Giggs

Deretan Pesepak Bola era 90an yang Tak Pernah Tergantikan8

Di antara sejumlah pemain dengan kemampuan berlari sangat cepat, tak berlebihan rasanya jika menempatkan nama Giggs sebagai salah satu di barisan terdepan. Winger berkebangsaan Wales yang menghabiskan karir profesionalnya di Manchester United, memiliki segala hal yang dibutuhkan sebagai seorang pemain sayap.

Akselerasi yang memukau, teknik yang yahud, pengumpan yang jitu, kecepatan dan kemampuan mencetak gol yang membuat orang geleng-geleng kepala. Giggs memiiki jasa besar di balik taburan gelar yang diraih Manchester United selama diasuh Sir Alex Ferguson.

9. Alessandro Del Piero

Deretan Pesepak Bola era 90an yang Tak Pernah Tergantikan9

Selain Beckham, Del Piero adalah eksekutor tendangan bebas yang presentase kegagalannya paling sedikit. Ikon Juventus selama dua dekade ini memiliki kemampuan istimewa sebagai striker. Selain produktif menjebol gawang lawan, Del Piero dikenal sebagai pengatur seranganย  yang cerdas, pengumpan yang lihai, dan pemimpin yang apik di lapangan. Butuh waktu panjang bagi Juventus untuk mendapatkan pengganti sekelas Del Piero.

10. Filippo Inzaghi

Deretan Pesepak Bola era 90an yang Tak Pernah Tergantikan10

Inzaghi adalah striker subur legenda Juventus dan AC Milan. Melihat aksinya di lapangan, para bola mania tak akan menemui aksi-aksi individu yang memukau seperti yang kerap diperagakan Ronaldo Luis Nazario de Lima atau Zinadine Zidane. Inzaghi adalah striker opportunis yang terkesan hanya menunggu-nunggu bola di kotak penalti. Tapi entah kenapa, si kulit bundar gemar sekali mampir pada dirinya di depan gawang.

Bomber yang sangat produktif ini pun dikenal dengan gol-gol yang terkesan remeh dan tak masuk akal, namun sesungguhnya membutuhkan kejeniusan dalam penempatan posisi. Bahkan striker tandemnya di AC Milan, Andriy Shevchenko pernah mengungkapkan kekaguman sekaligus rasa irinya pada Inzaghi.ย Menurut Sheva, Super Pippo selalu bisa mencetak gol dengan mudah. Sedangkan dirinya butuh usaha ekstra keras untuk menjebol gawang lawan.

Komentar
To Top