FIFA & UEFA Dukung Larangan Kepemilikan Pihak Ketiga

👍 Liga Champion

FIFA & UEFA Dukung Larangan Kepemilikan Pihak Ketiga

FIFA & UEFA Dukung Larangan Kepemilikan Pihak Ketiga

www.indolivescore.com – FIFA dan UEFA terus menunjukkan sikap tegas mereka untuk memberangus third-party ownership (TPO) alias kepemilikan pihak ketiga yang keberadaannya kerap memicu kontroversi di dunia sepakbola.

Sebelumnya pada Desember lalu, FIFA mencanangkan untuk menghapus TPO dalam sepakbola secara menyeluruh. Namun, rencana itu mendapat tentangan dari berbagai pihak.

Senin (27/7) kemarin, sebuah pengadilan lokal di Brussels, Belgia menolak banding yang dilakukan oleh kalangan tertentu yang ingin agar TPO tetap dilegalkan. Putusan tersebut mendapat dukungan penuh dari FIFA dan UEFA.

“Dalam kesempatan ini, FIFA ingin menegaskan legalitas pelarangan kepemilikan pihak ketiga yang sangat diperlukan untuk memelihara independensi klub dan pemain serta memastikan integritas sebuah pertandingan dan kompetisi,” demikian pernyataan FIFA yang menyambut baik putusan pengadilan tersebut.

UEFA melalui sekretaris jenderal Gianni Infantino juga menuturkan hal serupa. “UEFA siap memimpin penghapusan praktik berbahaya di sepakbola ini. Kami meminta FIFA untuk segera melakukan larangan TPO secara global. Sejak lama kami menilai TPO merugikan pemain dan juga merugikan integritas sepakbola. Kini, pengadilan memiliki kesimpulan yang sama untuk mendukung pelarangan ini,” jelasnya.

Komentar
To Top