Ini Orang-Orang Kaya Pemilik Klub Sepak Bola Dunia

Trending Topic

Ini Orang-Orang Kaya Pemilik Klub Sepak Bola Dunia

Chelsea owner Roman Abramovich checks his phone at a hotel in Johannesburg, South Africa prior the World Cup kick off, Thursday, June 10, 2010. Russia makes a bid for the soccer World Cup 2018. (AP Photo/Martin Meissner)

Tak bisa dipungkiri lagi, kalau sepakbola tak hanya sekedar olahraga. Di beberapa, gemerlap sepak bola sudah menjadi ladang bisnis.

Sejumlah klub sepakbola di Eropa meraup untung besar dari penjualan tiket sampai transfer pemain, tak terkecuali Liga Inggris.

Kondisi ini pula yang membuat orang-orang terkaya dunia kepincut membeli saham klub-klub sepakbola. Berikut daftar miliader dunia yang memiliki kepemilihan pada klub sepakbola sebagaimana dikutip dari Forbes, Minggu (4/6/2017).

Stanley Kroenke

Stanley saat ini menduduki posisi sebagai orang nomor 182 terkaya sejagat dengan kekayaan US$ 7,5 miliar. Pria berusia 61 tahun asal Amerika Serikat ini memiliki bisnis utama di sektor real estate dan olahraga. Klub sepakbola asal London, Arsenal, jadi salah satu klub yang dimilikinya.

Selain Meriam London, Stanley juga memiliki saham di klub basket NBA, Denver Nuggets, klub American Footbal Colorado Rapids, dan tim hoki Colorado Avalanche. Proyek-proyek propertinya banyak tersebar di Amerika Serikat dan Kanada.

Shahid Khan

Shahid merupakan miliuner asal AS kelahiran Pakistan. Mengawali bisnisnya sebagai pengusaha karoseri truk, perusahaannya mengalami pertumbuhan sangat pesat sebagai produsen pembuat suku cadang dengan penjualan pada tahun 2016 lalu mencapai US$ 6 miliar. Ia memiliki 62 pabrik di Brasil, Meksiko, China, dan Spanyol.

Jejaknya dalam sepakbola yakni kepemilikannya pada klub Fulham di Inggris yang dibelinya pada tahun 2013. Shahid juga terkenal dengan gaya hidupnya yang super mewah, dirinya tercatat memiliki yatch mewah sepanjang 300 kaki. Total hartanya yakni US$ 8,9 miliar dan menduduki peringkat 158 orang terkaya dunia.

Roman Abramovich

Siapa tak kenal dengan pria satu ini. Namanya berkibar setelah membeli klub sepak bola asal London, Chelsea. Pria Rusia berusia 50 tahun ini awalnya sangat jor-joran menyuntikkan uang untuk membeli pemain mahal untuk klubnya tersebut.

Sumber uangnya berasal dari bisnis besi baja lewat perusahaannya, Evraz, dan tambang nikel Norilsk Nickel. Abrahamovic juga diketahui memiliki yatch terbesar di dunia dengan panjang 533 kaki yang dibelinya seharga US$ 400 juta di tahun 2010. Abrahamovic sempat memiliki raksasa minyak, Sibneft, sebelum kemudian dilego ke Gazprom.

Kekayaan Abrahamovic menurut Forbes ditaksir sebesar US$ 8,7 miliar yang menempatkannya sebagai orang terkaya di dunia nomor 139.

Alisher Usmanov

Di antara pemilik klub sepakbola lainnya menurut Forbes, Alisher Usmanov bisa jadi pengusaha yang paling tajir. Pendiri Metalloinvest, perusahaan tambang dan pabrik baja ini memiliki kekayaan US$ 14,5 miliar dan menempatkannya sebagai orang terkaya di bumi nomor 66.

Selain tambang, Usmanov banyak menanamkan uangnya di berbagai sektor, dirinya termasuk salah satu investor awal yang menanamkan modalnya pada lahirnya Facebook. Pengusaha kelahiran Uzbekistan ini juga memiliki situs jual beli JD.com dan produsen telepon seluler Xiaomi.

Usmanov adalah pemilik saham di klub sepakbola Arsenal. Investasinya tersebar di perusahaan telekomunikasi, perusahaan media, dan tambang. Usmanov tak terlahir dari keluarga kaya, keberuntungannya tersebut bermula saat dirinya membuat pabrik tas plastik dua dekade sebelumnya, produk yang masih sangat jarang ditemui di Uni Soviet saat itu.

Sebelumnya, Usmanov juga sempat memimpin Gazprom Investholding, anak perusahaan BUMN Rusia di sektor energi, Gazprom, dari tahun 2000-2014.

 

Komentar
To Top