Kaleidoskop 2016, Pogba Jadi Pemain Termahal di Dunia

👍 Sepakbola Inggris

Kaleidoskop 2016, Pogba Jadi Pemain Termahal di Dunia

kaleidoskop-2016-pogba-jadi-pemain-termahal-di-dunia

Manchester United (MU) bikin kejutan pada awal Agustus 2016. Setan Merah –julukan MU– mendatangkan pemain yang sudah dibuang pada 2012 lalu, Paul Pogba.

Semakin mengejutkan adalah uang yang harus diserahkan MU ke rekening Juventus. Setan Merah harus menyerahkan mahar sebesar 89,25 juta pounds demi mendatangkan Pogba ke Old Trafford Stadium. Padahal, ketika membuang Pogba, MU tidak meminta bayaran ke Juventus.

Nilai transfer Pogba pun memecahkan rekor dunia. Dia menjadi manusia termahal dunia, mengalahkan Gareth Bale. Pada 2014, Real Madrid mendatangkan Bale dari Tottenham Hotspur dengan mahar 85,85 juta pounds.

Di bawahnya ada nama Cristiano Ronaldo yang juga pindah ke Real Madrid dari Manchester United pada 2009 dengan harga 79,90 juta paunds.Keputusan MU mendatangkan Pogba mendapat hinaan dari media-media setempat. Manajemen Setan Merah saat ini dianggap tidak menghormati keputusan manajer legendaris MU, Sir Alex Ferguson, orang yang membuang Pogba pada 2012.

Namun di balik kontroversi itu, Pogba merupakan salah satu pemain akademi menjanjikan MU pada 2011. Pada tahun itu, Pogba bersama pemain muda MU lainnya, yakni Michael Keane, Tom Thorpe, Ryan Tunnicliffe, Ravel Morrison, Sam Johstone, Will Keane, dan Jesse Lingard menjuarai Piala FA Junior.

Setahun setelahnya, Pogba membuat keputusan yang berbeda dari jebolan akademi Setan Merah lainnya. Pemain asal Prancis itu memilih hijrah ke Italia dan bergabung dengan Juventus.

Keputusannya tidak sia-sia. Pogba berhasil membantu Juventus memenangkan empat Scudetto secara beruntun. Puncaknya, dia berhasil mewujudkan impiannya menjadi pemain inti Setan Merah pada musim ini.

“Saat kami masih bersama, Pogba terlihat sangat ngebet kembali ke MU. Saya rasa impiannya memang ingin bermain bersama Manchester United,” kata Antonio Conte, mantan pelatih Juventus yang saat ini menakhodai Chelsea, dikutip dari Squawka.

Sekarang, gelandang berusia 23 tahun tersebut menjadi salah satu pemain penting MU, selain Zlatan Ibrahimovic. Pogba sudah 16 kali tampil di Liga Inggris, 15 di antaranya bermain penuh.

Pogba juga menjadi pemain paling kreatif Setan Merah. Dia sudah menciptakan 30 peluang di kotak penalti lawan, dua di antaranya berbuah menjadi assists. Pogba juga sudah mencetak tiga gol untuk MU.

Dia juga tercatat melepaskan 839 umpan pendek, 37 umpan sundulan, dan 75 umpan panjang dengan persentase keberhasilan sebesar 85 persen. Setidaknya 64,6 persen umpan yang dilepaskannya mengarah ke pemain yang berada di depan Pogba.

Selain bertugas menciptakan peluang, Pogba juga sering membantu pertahanan MU. Ketika berada di lini pertahanan, Pogba sudah melakukan 23 clearances, 26 intersep, dan dua blok.

Komentar
To Top