Kemenpora Benarkan Pembekuan PSSI akan Dicabut

👍 Liga Indonesia

Kemenpora Benarkan Pembekuan PSSI akan Dicabut

indolivescore.com – Kementerian Pemuda dan Olahraga berencana akan mencabut pembekuan kepengurusan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI). Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Kemenpora Gatot S. Dewa Broto mengatakan pencabutan tersebut akan dilakukan sebelum Kongres FIFA pada 12 Mei mendatang di Meksiko. “Tapi tanggal pastinya belum tahu,” kata Gatot melalui pesan singkat WhatsApp, Ahad, 8 Mei 2016.

Sebelumnya FIFA mengirim surat kepada Indonesia yang isinya mendesak PSSI menggelar kongres luar biasa. Dalam surat yang ditandatangani pelaksana tugas Sekretaris Jenderal FIFA, Markus Kattner, kongres luar biasa adalah hal yang nyata dan tak bisa ditunda lagi.

FIFA juga meminta pemerintah Indonesia sesegera mengevaluasi pemberian sanksi terhadap PSSI sebelum kongres federasi sepak bola sejagat itu di Meksiko pada 12 Mei mendatang. Jika pemerintah tak juga mengevaluasi pembekuan PSSI, maka FIFA akan memperpanjang sanksi ke sepak bola Indonesia. “Tapi Insya Allah akan dicabut,” yakin Gatot S. Dewa Broto.

Kabarnya, Menteri Pemuda dan Olahraga akan mencabut pembekuan PSSI pada Selasa, 10 Mei 2016, atau dua hari sebelum Kongres FIFA. Pencabutan tersebut diyakini akan mempermulus desakkan Kelompok 85-para pemilik suara di PSSI-untuk menggelar kongres luar biasa. Kelompok tersebut ramai-ramai menyambangi kantor PSSI pada 3 Mei lalu. Kelompok 85 berharap kongres dapat dilaksanakan PSSI maksimal tiga bulan ke depan.

Gatot menegaskan bahwa rencana pencabutan pembekuan PSSI tak ada kaitannya dengan desakan Kelompok 85. Rencana pencabutan pembekuan PSSI merupakan perintah Presiden Joko Widodo bertemu perwakilan sejumlah klub, divisi utama, dan Asprov. “Desakan KLB merupakan hak mereka selaku pemilik suara,” kata Gatot.

Komentar
To Top