Mahrez Pemain Terbaik Bernilai Paling Murah Sepanjang Sejarah Liga Inggris

👍 Sepakbola Inggris

Mahrez Pemain Terbaik Bernilai Paling Murah Sepanjang Sejarah Liga Inggris

Mahrez Pemain Terbaik Bernilai Paling Murah Sepanjang Sejarah Liga Inggris

indolivescore.com – Siapakah Riyad Mahrez? dia buan siapa-siapa ketika digaet Leicester City dari La Havre klub Liga 1 Prancis kalah itu.

Leicester bahkan menggaet Riyad Mahrez, atau menebusnya dengan nilai 400 ribu poundsterling. Nilai ini sangat kecil dan jauh berbeda dengan nilai 32 juta poundsterling yang digelontorkan Chelsea ketika memaksa Eden Hazard, pemenang penghargaan PFA musim lalu, saat pinda dari Lille, klub yang juga asal Prancis.

Kini, Mahrez baru saja dinobatkan sebagai Pemain Terbaik versi Asosiasi Pesepakbola Profesional Inggris (PFA). Penghargaan tersebut ia sabet usai menjalani musim impresif dengan Leicester yang kini juga ada di garis terdepan perebutan titel Premier League.

Menariknya, Mahrez tak direkrut Leicester dari Le Havre dengan jutaan poundsterling pada 11 Januari 2014. The Foxes menebusnya dengan 400 ribu poundsterling, menurut taksiran Sky Sports, nilai yang “aneh” mengingat ia kini sudah jadi pemain pilihan nomor satu.

Memang Mahrez bukan siapa-siapa saat masih di Prancis, dia kalah tenar oleh sejumlah pemain lainnya apalagi Hazard. Sosok Pelatih Claudio Ranieri lah yang yakin akan potensinya.

Kini nilai transfer yang sangat rendah itu, menjadi ulasan. Leicester benar-benar mampu menciptakan bintang, bukan merekrut bintang. Liga Inggris dengan segala kelebihannya mampu membuat persaingan lebih panas lagi.

Dengan label klub semenjaga dan diperkuat pemain murah, Leicester menjadi kandidat paling kuat merebut juara.

Pemain Termurah

Dari penelusuran Sky Sports, nilai tersebut bahkan membuat Mahrez menjadi pemain paling murah dalam kurun waktu nyaris seperempat abad yang mampu meraih penghargaan Pemain Terbaik PFA sejak mulai bergulirnya Premier League.

Pada musim 1992-93 silam Paul McGrath menjadi pemain pertama yang menggondol penghargaan bergengsi tersebut di era Premier League. Ia sebelumnya direkrut Aston Villa dengan nilai juga 400 ribu poundsterling.

Pun begitu, perbedaan iklim sepakbola Inggris yang kini lebih bergelimang uang, plus perbedaan nilai mata uang dari 23 tahun lalu dengan saat ini, tentu membuat nilai transfer McGrath dengan Mahrez tak bisa disejajarkan begitu saja.

Untuk perbandingan “lebih fair”, tengok pemenang-pemenang penghargaan PFA dalam tiga musim terakhir. Ada Hazard (Pemain Terbaik PFA 2014–15) yang direkrut Chelsea dengan 32 juta poundsterling pada awal musim 2012-13 dan Luis Suarez (Pemain Terbaik PFA 2013-14) yang diboyong Liverpool dengan 22,7 juta poundsterling pada January 2011.

Menurut paparan data dari Sky Sports, Les Ferdinand yang menggondol penghargaan PFA pada dua dekade silam bahkan memiliki nilai transfer 15 kali lipat lebih besar daripada Mahrez ketika ia pindah ke Newcastle United dari QPR.

Dari daftar pemenang penghargaan PFA di Premier League itu sendiri memang ada nama-nama pemain yang tidak melalui proses perekrutan via transfer, karena tumbuh dan berkembang di klub lokal, yaitu John Terry, Steven Gerrard, dan Ryan Giggs. Tetapi dapat diperdebatkan bahwa dalam proses itu pun Chelsea, Liverpool, dan Manchester United tetap harus mengeluarkan dana pengembangan.

Komentar
To Top