Pemain-Pemain Bola ini Diprediksi Jadi Pelatih Sukses Kelak

👍 Sepakbola Spanyol

Pemain-Pemain Bola ini Diprediksi Jadi Pelatih Sukses Kelak

Ini Deretan Pemain Bola yang Punya Potensi Jadi Pelatih Sukses

Hampir semua pelatih dan manajer bermain sepak bola pada waktu tertentu, sehingga transisi dari bermain ke melatih bukan merupakan hal yang baru. Belakangan banyak generasi baru mantan pemain tenar yang menjadi pelatih sukses di sepakbola dunia.

Mauricio Pochettino, Antonio Conte, Pep Guardiola dan Jurgen Klopp adalah beberapa pelatih tenar Liga Inggris yang pernah bermain sepak bola profesional. Begitu juga Diego Simeone, Zinedine Zidane dan Luis Enrique dari La Liga. Sama halnya dengan Vincenzo Montella dan Simone Inzaghi di Liga Serie A.

Tentu tak semua mantan pemain bisa sukses saat menjalani peran sebagai pelatih. Namun ada beberapa pemain yang sudah menunjukkan ciri-ciri bahwa mereka bisa menjadi pelatih sukses di masa depan, dan berikut adalah lima di antaranya.

1. Xabi Alonso

Setelah mengumumkan bahwa ia akan pensiun setelah musim ini, Alonso segera dikaitkan dengan sejumlah klub untuk menjadi manajer mereka. Gelandang asal Spanyol ini adalah seorang jenius di lapangan, dan banyak yang memperkirakan bahwa ia juga akan bisa sukses sebagai pelatih.

Xabi adalah sosok berpengalaman yang telah mengecap berbagai gelar di level klub dan negaranya. Ia memiliki jiwa kepemimpinan yang besar dan memiliki kharisma yang membuatnya dihormati banyak orang. Segala pengalaman dan kepribadiannya itu bisa membantunya menjadi sosok pelatih sukses.

2. John Terry

John Terry belum memiliki keinginan untuk meninggalkan Chelsea. Dia bisa dengan mudah mendpaatkan gaji selangit di China, tetapi ia senang untuk menjadi bagian dari revolusi Antonio Conte di Stamford Bridge, dan belajar dari pelatih asal Italia itu setiap hari.

β€œDia pintar, dia benar-benar baik dalam memahami permainan dan saya pikir itu bisa menjadi prospek yang baik baginya untuk memulai karier baru sebagai manajer,” kata Conte berbicara soal peluang Terry menjadi pelatih kelak.

3. Xabi Prieto

Xabi Prieto tampaknya memang akan ditakdirkan untuk menjadi pelatih masa depan, terutama di Real Sociedad. Berasal dari San Sebastian, Prieto selalu bermain untuk La Real di sepanjang kariernya, dan ia menjadi sosok favorit di klubnya.

Tak pernah terlibat dalam rumor transfer, tidak pernah menimbulkan pergolakan, seluruh karier Prieto telah sepenuhnya berfokus pada bermain sepak bola, dan ia telah banyak belajar dengan bermain menghadapi para pemain kelas dunia di sepanjang kariernya. La Real akan menjadi pilihan pertamanya dalam melatih, tetapi dengan kekayaan pengalaman dan pengetahuannya, bukan tidak mungkin Prieto juga bisa sukses melatih klub lain.

4. Gareth Barry

Ketika seorang pemain telah bermain di level atas selama hampir 20 tahun, ia telah melihat sepak bola dari segala sisi dan telah menghadapi beberapa atlet terbaik di planet ini. Semuanya telah pernah disaksikan oleh Barry sebagai pemain sepak bola. Pemain yang mengamuk, keributan di sesi latihan, semuanya bisa ditangani oleh Barry, karena dia telah melihat semuanya sebelumnya.

Barry telah menjalani transfer kontroversial, menjadi kapten di beberapa tim, memainkan peran penting dalam musim sukses Manchester City, membela negaranya lebih dari 50 kali, dan telah bermain di bawah berbagai tipe manajer. Ia telah mengerti apa yang harus dan tidak harus dilakukan oleh seorang manajer untuk bisa sukses menangani tim, dan ia siap untuk menerapkannya kelak.

5. Xavi Hernandez

Mantan gelandang bintang Barcelona seperti Pep Guardiola dan Luis Enrique telah menjalani karier mereka sebagai pelatih dan mampu meraih sukses besar. Generasi berikutnya yang siap untuk melangkah maju adalah Xavi Hernandez.

Xavi adalah jenius sepak bola. Kemampuannya dalam membaca permainan menjadi faktor kunci keberhasilan Barcelona di era Frank Rijkaard hingga Tito Vilanova. Ia juga merupakan sosok yang tenang yang mampu mengambil keputusan dengan kepala dingin.Sebagai pemain, pengalaman dan prestasi yang dimiliki oleh Xavi sudah tak perlu dipertanyakan lagi. Dan akan segera tiba saatnya ia membuktikan kejeniusannya dalam dunia manajemen klub.

Komentar
To Top