Persiba Balikpapan Asah Skema Laga Tandang ISl 2015

👍 Liga Indonesia

Persiba Balikpapan Asah Skema Laga Tandang ISl 2015

Persiba Balikpapan Asah Skema Laga Tandang

www.indolivescore.com – Pelatih Persiba Balikpapan Eddy Simon Badawi mengungkapkan, tim Beruang Madu kini mulai fokus mengasah skema permainan yang ideal diterapkan saat melakoni laga tandang di Indonesia Super League (ISL) 2015.

Berdasarkan draft jadwal, Persiba terlebih dahulu bertandang ke markas PSM Makassar. Menurut Eddy Simon, ia akan menggunakan skema 3-5-2 yang lebih mengutamakan bek sayap, ketimbang gelandang sayap untuk mengantisipasi permainan cepat lawan, sehingga ada keseimbangan antara menyerang dan bertahan.

“Kalau kita away kita akan banyak pakai 3-5-2. Makanya, itu yang saya asah terus beberapa kali. Tadi [kemarin sore] saya coba pasang Ledi [Utomo], Roman [Golian] dan Nurhidayat,” beber Eddy Simon.

“Kalau saya pakai 3-5-2, mungkin saya tak pakai [Antonio] Teles, karena saya pakai tiga gelandang.”

Eddy Simon sudah mencoba skema lainnya, yakni 4-4-2 flat, atau 4-2-3-1 yang menggunakan gelandang sayap. Namun Eddy Simon menilai ada kelemahan jika menggunakan 4-4-2 flat.

“Kalau 4-4-2 flat, kita pakai dua gelandang sejajar di lini tengah, pakai sayap. Tapi itu terbuka di tengah, keropos kita kalau pakai flat. Ketika saya pakai 4-2-3-1, gelandang yang kita gunakan akan berbeda lagi. Kalau pakai 4-2-3-1 kita pakai dua gelandang bertahan,” ujarnya

“Kalau saya pakai 4-4-2 diamond, bisa menurunkan Bayu [Pradana] dan Teles di kiri dan kanan, serta pakai satu gelandang bertahan. Saya juga bisa saja pakai skema 3-4-3. Kita coba semua alternatif.”

“Jadi semua pemain-pemain itu harus dikenalkan dengan skema-skema itu. Karena ketika kita lawan tim ini, kita akan pakai skema ini, begitu selanjutnya, sehingga strategi beda, dan pemain yang diturunkan juga tidak sama.

Komentar
To Top