Posisi Ranking FIFA Indonesia Turun Tajam Dari Urutan ke-172 menjadi ke-166

👍 Liga Indonesia

Posisi Ranking FIFA Indonesia Turun Tajam Dari Urutan ke-172 menjadi ke-166

Posisi Ranking FIFA Indonesia Turun Tajam Dari Urutan ke-172 menjadi ke-166

Kekalahan 1-3 yang diderita Timnas Indonesia dari timnas Myanmar pada laga uji coba di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor pada 21 Maret 2017 berdampak pada ranking Indonesia di FIFA.

Sesuai ranking FIFA terkini per Kamis (6/4/2017), seperti dilansir dari situs resmi FIFA, posisi Indonesia turun signifikan dari bulan lalu, yang semula ada di ranking ke-167 menjadi ranking ke-175 pada bulan lalu. Hal itu berarti Indonesia turun sebanyak delapan tingkat.

Sebaliknya, Myanmar yang berhasil mengalahkan Indonesia pada uji coba pertama Timnas Indonesia di bawah era pelatih Luis Milla itu, mengalami lonjakan peringkat. Myanmar mampu meloncat sebanyak enam tingkat, dari bulan lalu di urutan ke-172 menjadi ke-166 pada bulan ini.

Selain Myanmar, negara tetangga di kawasan Asia Tenggara yang juga berhasil memperbaiki posisi adalah Malaysia dan Singapura, yang sama-sama naik sebanyak empat tingkat ke ranking 157 dan 159.

Sementara Vietnam dan Kamboja, untuk bulan ini tidak mengalami perubahan ranking alias stagnan. Seperti bulan lalu, Vietnam ada di urutan ke-136 dan Kamboja di urutan ke-173.

Di sisi lain, Timnas Indonesia tidak terjun bebas sendirian di daftar ranking terbaru FIFA. Filipina, Thailand, Laos, Brunei Darussalam, dan Timor Leste mengalami nasib sama, yakni penurunan ranking.

Hanya memang, di antara negara-negara yang peringkatnya turun, Indonesia mengalami penurunan paling signifikan. Hal itu karena Filipina hanya turun tiga tingkat ke urutan 127, kemudian Thailand turun dua tingkat ke ranking 129, sedangkan Laos turun satu setrip ke posisi 174.

Brunei dan Timor Leste masing-masing turun sebanyak empat dan satu peringkat. Brunei kini ada di urutan ke-188 dan Timor Leste menduduki peringkat ke-195.

Secara khusus, ranking ke-175 yang dimiliki Indonesia saat ini merupakan ranking terburuk/terbesar sejak memasuki tahun 2017. Sebagai catatan Indonesia menduduki ranking ke-173 pada Januari, kemudian mengalami perbaikan menjadi ke-169 pada Februari, dan makin baik jadi ranking ke-167 pada Maret 2017.

Perubahan juga terjadi di posisi 10 besar. Brasil, per Kamis (6/4/2017) ini, berhasil mengambil alih posisi puncak dari Argentina, yang turun ke posisi ke-2. Kolombia juga mampu memperbaiki dua peringkat sehingga berada di urutan kelima sementara Belgia turun dua setrip ke posisi tujuh.

Pendatang baru bulan ini di posisi 10 besar jadi status Swiss, yang berada di ranking ke-9 atau naik dua tingkat dari bulan lalu dari peringkat ke-11.

Untuk ranking FIFA ke-3, 4, 6, 8 dan 10, tidak mengalami perubahan masih dihuni negara sama seperti bulan lalu, yakni Jerman, Cile, Prancis, Portugal, dan Spanyol.

Komentar
To Top