Rekrut Pemain Bola Dunia, Ambisi China Kuasai Industri Sepak Bola Dunia

👍 Piala Dunia

Rekrut Pemain Bola Dunia, Ambisi China Kuasai Industri Sepak Bola Dunia

rekrut-pemain-bola-dunia-ambisi-china-kuasai-industri-sepak-bola-dunia

Ambisi China sebagai negara nomor wahid dalam industri sepakbola global, bukan cuma khayalan. Berbagai upaya telah dilakukan China agar bisa mewujudkan ambisi tersebut. Bukan cuma ekspansi pengusaha China yang membeli saham klub-klub sepakbola tenar Eropa.

Klub sepakbola China pun kini bersaing mendatangkan pemain-pemain top dunia untuk berlaga di Liga China. Paling baru, seperti diberitakan Reuters, Kamis (29/12/2016), klub sepakbola China, Shanghai Greenland Shenhua FC berhasil merekrut Carlos Tevez dari Atletico Boca Juniors.

Pemain bola kelahiran Argentina 32 tahun silam tersebut juga merupakan mantan penyerang Manchester City periode 2009-2013.

“Shanghai Greenland Shenhua FC berhasil mencapai kata sepakat dengan Atletico Boca Juniors. Carlos Alberto Tevez kini resmi bergabung dengan Shanghai Shenhua,” tulis manajemen Shanghai Shenhua di situs resminya, www.shenhuafc.com.cn, seperti dikutip Reuters.

Meski tidak ada detail nilai transaksi, sejumlah media menyebut, nilai transfer Tevez mencapai US$ 87,65 juta. Dengan nilai transfer sebesar itu, menurut transfermarkt.com, Tevez akan menjadi pemain termahal dunia setelah Paul Dogba, Gareth Bale, Christiano Ronaldo, Gonzalo Higuain dan Neymar.

Selain nilai transfer yang tinggi, Tevez juga akan menjadi olah ragawan dengan gaji tertinggi di dunia yakni sebesar US$ 753.000 per minggu. Kontrak Tevez bersama Shanghai Shenhua disepakati untuk jangka waktu selama dua tahun. T

evez merupakan pemain kedua termahal yang didatangkan klub asal China. Sebelumnya, gelandang berkebangsaan Brasil, Oscar dos Santos telah lebih dahulu bergabung bersama Shanghai SIPG. Nilai transfer eks pemain Chelsea tersebut mencapai US$ 62,62 juta.

Shanghai SIPG juga mendatangkan pelatih Andre Villas Boas menggantikan Sven Goran Eriksson. Boas sendiri pernah menukangi Chelsea pada musim kompetisi 2011-2012. Bukan itu saja, seperti dilansir Reuters, sebuah klub sepakbola asak China yang tidak disebutkan namanya telah meminang pemain terbaik dunia, Cristiano Ronaldo dengan nilai transfer € 300 juta atau setara Β£ 257 juta.

Namun Ronaldo menolak tawaran tersebut. Kabarnya, jika berminat bergabung, Ronaldo akan mendapat bayaran sebesar US$ 100 juta per tahun. Jorge Mendes, agen pemain top dunia berkebangsaan Portugal itu menyatakan, uang bukanlah segalanya.

“Real Madrid adalah hidupnya (Ronaldo). Dia bahagia hidup di sana dan tidak tertarik pindah ke China,” tutur Mendes.

Menurut Mendes, pasar sepakbola China adalah pasar yang baru. China dapat saja mendatangkan banyak pemain top dunia.

Komentar
To Top