Robert Lewandowski Kejar Rekor Claudio Pizarro, Pemain Non Jerman Tersubur di Bundesliga

👍 Sepakbola Jerman

Robert Lewandowski Kejar Rekor Claudio Pizarro, Pemain Non Jerman Tersubur di Bundesliga

Robert Lewandowski Kejar Rekor Claudio Pizarro, Pemain Non Jerman Tersubur di Bundesliga

Weserstadion, markas Werder Bremen, pada Sabtu (28/1) malam WIB bakal mempertemukan dua pemain asing tersubur sepanjang sejarah Bundesliga Jerman, yakni Claudio Pizarro di kubu tuan rumah dan striker andalan Bayern Munich Robert Lewandowski.

Di usia senja 38 tahun, Pizarro masih tercatat sebagai pemain non-Jerman tersubur di Bundesliga. Sebanyak 190 gol sudah diceploskan striker Peru itu di sepanjang kiprahnya bersama dua klub yang gonta-ganti ia perkuat selama berkarier di Jerman, Bremen dan Bayern.

Menguntit persis di bawah Pizarro adalah Lewandowski dengan koleksi 135 gol atau masih terpaut 55 gol. Striker Polandia itu baru saja menggeser eks bintang Die Roten Giovane Elber (133 gol) dalam daftar topskor Bundesliga untuk pemain asing. Itu setelah Lewandowski memborong dua gol untuk menginspirasi kemenangan comeback 2-1 kontra Freiburg, Jumat (20/1) pekan lalu.

Ambisi Lewandowski untuk mengejar rekor Pizarro memang butuh kesabaran. Selisih 55 gol mustahil dikejar dalam waktu sekejap. Namun, dengan rasio golnya yang tinggi — 0,64 gol per laga — bukan tidak mungkin Lewandowski akan menjadi penyerang asing tersubur di Bundesliga dalam tempo dua hingga tiga tahun mendatang.

Faktanya, rasio gol Lewandowski adalah yang tertinggi untuk pemain aktif Bundesliga saat ini. Meski demikian, mantan penyerang Borussia Dortmund itu masih harus bekerja ekstra keras untuk bisa melewati atau setidaknya mendekati rekor gol milik legenda Bayern dan Jerman, Gerd Muller.

Dengan matematika sederhana dan menggunakan rasio golnya saat ini, maka Lewandowski butuh sekitar 359 laga untuk bisa menyamai catatan 365 gol milik Muller tersebut. Itu artinya, Lewandowski butuh lebih dari sepuluh musim untuk bisa mendekati rekor Der Bomber. Perlu dicatat, usia Lewandowski saat ini sudah 28 tahun.

Barangkali, kelak Lewandowski sudah cukup puas untuk menjadi pemegang rekor topskor sepanjang masa Bundesliga untuk pemain non-Jerman.

Komentar
To Top